Apa yang terjadi pada sepak bola di Oranye setelah kesepakatan Movistar dan DAZN: semua opsi yang memungkinkan

Pelelangan hak-hak LaLiga Untuk lima musim berikutnya, ditutup dengan dua pemenang: Movistar, yang memenangkan lima pertandingan per hari ditambah tiga hari penuh, dan DAZN, yang memenangkan lima pertandingan lagi per hari. Salah satu dari banyak hal yang tidak diketahui yang muncul kemudian adalah apakah kita bisa melihat semua LaLiga di beberapa platform.

Keraguan itu telah terjawab hari ini: Telefónica telah secara resmi mengumumkan kesepakatan dengan DAZN untuk menawarkan semua pertandingannya di Movistar Plus+ dengan imbalan 280 juta euro. Sebuah langkah master karena itu akan berarti penghematan yang baik dibandingkan dengan situasi saat ini. Tetapi, apa yang terjadi kemudian dengan Orange? Apakah pelanggan Anda dapat terus menonton semua LaLiga seperti sebelumnya?

Orange menginginkan sepak bola dan akan bernegosiasi dengan DAZN

sepak bola oranye

Ketika LaLiga memulai lelang hak untuk musim mendatang, Orange menegaskan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi secara langsung di dalamnya agar tidak berkontribusi untuk menaikkan harga penawaran. Itu Itu tidak berarti mereka tidak akan menyiarkan sepak bolaNamun, seperti yang dijelaskan oleh Jean-François Fallacher, CEO Orange Spain, mereka lebih memilih menunggu hingga akhir lelang untuk menganalisis situasi para dealer dan mengambil keputusan terkait hal ini.

Sewa sepak bola untuk menontonnya di berbagai perangkat: batasan yang diterapkan oleh Movistar dan Orange

Seperti yang telah kami sebutkan, pelelangan berakhir dengan pemberian hak kepada Telefónica dan DAZN. Dan Orange dengan cepat memastikan bahwa itu akan bernegosiasi baik dengan operator maupun dengan OTT untuk terus menawarkan LaLiga kepada pelanggannya. Beberapa minggu yang lalu, dia mengulangi pendekatan itu lagi dan menjelaskan kepada kami bahwa ada banyak kemungkinan di atas meja.

Dalam kasus Movistar, CNMC memaksanya untuk menjual haknya kepada operator alternatif lain dengan harga yang diatur (seperti yang terjadi hingga sekarang), dan perjanjian yang ditandatangani antara DAZN dan Movistar tidak eksklusif, jadi OTT memiliki kebebasan untuk menjual lima gamenya kepada pihak ketiga. Dari Xataka Móvil kami telah menghubungi Orange, tetapi mereka tidak ingin berkomentar tentang bagaimana mereka menghargai kesepakatan tersebut atau bagaimana negosiasi mereka.

Mari kita ingat, bagaimanapun, bahwa Fachaller sudah memberitahu kita bahwa ada pilihan untuk membuang semua sepak bola (seperti yang sudah dilakukan Vodafone bertahun-tahun yang lalu), tetapi bersikeras bahwa kemungkinan ini sangat kecil. Sesuatu yang bisa dimengerti jika kita memperhitungkan bahwa jumlah pelanggan Orange yang telah mengontrak sepakbola meningkat 11% pada tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Jean-François Fallacher, CEO Orange Spain, mengatakan kepada kami beberapa minggu yang lalu bahwa ada kemungkinan untuk membuang semua sepak bola, tetapi opsi itu sangat kecil.

Hal lain yang muncul, katanya kepada kami, adalah— hanya mendapatkan hak yang dimiliki Movistar di properti (lima pertandingan per hari dan tiga hari penuh, selain Liga Champions dan Liga Europa), sehingga pelanggan yang ingin menonton semua pertandingan LaLiga, mengontrak DAZN sendiri.

Di sini perlu dicatat bahwa CNMC memaksa Movistar untuk menjual haknya ke operator lain, tetapi Orange -seperti Vodafone pada zamannya- telah berkali-kali mengeluh tentang formula yang digunakan untuk menghitung harga yang diatur. Dan sayangnya bagi mereka, sepertinya itu tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Sepak Bola Oranye 02

Terakhir, dan berkat fakta bahwa perjanjian DAZN dengan Movistar tidak eksklusif, Orange memiliki kemungkinan untuk membeli hak Telefónica di satu sisi dan bernegosiasi dengan DAZN untuk mendapatkan lima pertandingannya untuk yang lain. Ini akan menjadi solusi bagi pelanggan operator Prancis untuk terus menonton semua LaLiga.

Dengan demikian, kita tidak dapat mengesampingkan bahwa ada lebih dari satu platform yang memungkinkan kita melihat semua game musim berikutnya. Masalah bagi penggemar adalah, untuk satu tahun lagi, tampaknya hampir pasti bahwa itu akan menjadi operator lagi dan, oleh karena itu, akan memaksa kami untuk mengontrak paket konvergen dengan harga mulai dari 100 euro per bulan.