kesepakatannya dengan DAZN akan menghemat lebih dari 100 juta euro per musim

Desember lalu, lelang hak-hak LaLiga untuk lima musim berikutnya. Kita semua tahu hasilnya: Movistar dibiarkan dengan total lima pertandingan per hari ditambah tiga hari penuh, sementara DAZN mengambil lima pertandingan lagi per hari.

Namun, jauh dari memperjelas situasi, hasil lelang membuka berbagai kemungkinan untuk tahun depan. Salah satu yang tidak diketahui adalah apakah kita bisa melihat seluruh LaLiga di suatu tempat, dan kita sudah tahu bahwa itu adalah: Telefónica telah mencapai kesepakatan dengan DAZN untuk menyiarkan semua pertandingan selama 38 hari di platform Anda. Dan kesepakatan itu, sebagaimana dikonfirmasi oleh operator itu sendiri, memungkinkan mereka menghemat uang dibandingkan dengan penghargaan sebelumnya.

Sekitar 15% penghematan setiap tahun

Pemain sepak bola

Mari kita klarifikasi terlebih dahulu bahwa semua perjanjian ini mempengaruhi hak audiovisual LaLiga Santander (Divisi Pertama) untuk pasar perumahan dalam metode pembayarannya. LaLiga SmartBank, saluran Horeca (hotel, restoran, dan kafetaria) dan pertandingan terbuka tidak disertakan, sama seperti Movistar yang terus memiliki hak atas Liga Champions hingga 2024.

Aplikasi terbaik untuk menonton sepak bola dari ponsel Anda

Jadi, kami memiliki Movistar yang telah pemilik hak siaran LaLiga secara eksklusif selama tiga tahun terakhir (kemudian menjualnya ke Orange dengan kewajiban CNMC). Dengan berakhirnya musim ini, hak-hak Movistar juga akan berakhir, jadi LaLiga sekali lagi memasukkannya ke dalam lelang dan, seperti yang diharapkan, Movistar menunjukkan minatnya untuk memperbarui penghargaannya sejak awal.

Akhirnya, pelelangan berakhir dengan pemberian hak kepada Telefónica dan DAZN seharga 4.950 juta euro untuk lima musim berikutnya (dari 2022/2023 hingga 2026/2027), masing-masing 990 juta euro. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

  • Movistar: membayar 520 juta per musim dan akan menyiarkan total lima pertandingan per hari ditambah tiga hari penuh.

  • DAZN: bertanggung jawab atas 470 juta lainnya yang tersisa setiap tahun dan akan menawarkan lima game lagi per hari.

990 juta euro per musim itu mewakili 1% lebih banyak dari penghargaan terakhir, di mana mereka dijual seharga 980 juta per musim ke Movistar selama tiga tahun. Namun, karena ada dua penawar yang berhasil, jumlah itu dibagi antara keduanya. Dibandingkan dengan 980 juta yang dibayarkan sebelumnya, Movistar akan membayar 520 juta euro per musim. Itu, menurut perhitungan yang ditawarkan oleh Telefónica ke CNMV, akan berarti pembayaran bersih 7% lebih rendah per hari dibandingkan dengan siklus hak sebelumnya.

Masalahnya adalah bahwa perjanjian awal menetapkan bahwa mereka akan berbagi 35 hari di mana Movistar akan dapat memilih game pertama di 18 dari mereka dan DAZN di 17 lainnya (tiga hari lainnya akan menjadi eksklusif dan sepenuhnya Movistar, untuk alasan itu. membayar lebih dari DAZN). Dan tentu saja, Movistar, yang menjadikan sepak bola sebagai konten yang berbeda, tidak mampu kehilangan lima pertandingan per hari.

Movistar Dazn

Itu memaksanya untuk turun bekerja agar DAZN memberinya permainannya dan kesepakatan itu telah dibuat resmi hari ini. Sebagai gantinya 280 juta euro yang akan dibayarkan Telefónica ke DAZN Setiap musim, pelanggan Movistar Plus+ akan dapat menonton semua pertandingan di saluran LaLiga, dan paket DAZN LaLiga melalui aplikasi DAZN atau saluran linier DAZN, yang tersedia di platform.

Setiap musim, Movistar akan membayar 280 juta ke DAZN dan 520 juta ke LaLiga: total 800 juta euro untuk memberikan semua hari secara penuh

Jika kami menambahkan 280 juta itu dengan 520 yang dibayarkan Movistar ke LaLiga, kami memiliki total 800 juta euro berdasarkan musim. Itulah yang akan ditanggung Telefónica untuk memberikan LaLiga secara keseluruhan mulai tahun depan, meskipun biaya produksi, administrasi dan iklan, dll., harus ditambahkan ke jumlah itu).

Itulah mengapa operator senang bahwa kedua kontrak (satu untuk LaLiga dan satu untuk DAZN) mewakili dia secara keseluruhan penghematan sekitar 15% dibandingkan dengan biaya per shift saat ini. Bisnis bulat: ia akan terus memberikan semua LaLiga dengan uang yang jauh lebih sedikit dan tanpa OTT, dalam hal ini DAZN, dapat menawarkan pelanggan yang sama dan “mencuri”.