semua perbedaan visual dan fungsionalnya

Masih banyak perbedaan antara iOS dan Android, meskipun faktanya mereka semakin mirip. Namun, aplikasinya cenderung sangat mirip dan terlebih lagi yang dikenal sebagai WhatsApp. Tetapi, Apakah aplikasi ini sangat mirip antar sistem?

Nah, seperti yang bisa Anda tebak dari judul postingan ini, ya ada beberapa perbedaan tergantung pada ponsel apa yang Anda gunakan. Bukannya itu daftar yang tak terbatas atau itu benar-benar mengubah pengalaman pengguna, tetapi ada Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan jika Anda baru saja merilis ponsel dan tidak memiliki sistem operasi yang sama dengan yang lain.

Dampak besar pertama antar sistem adalah antarmuka

Meskipun secara fungsional aplikasi datang untuk melakukan hal yang sama, kenyataannya adalah mereka melakukannya secara berbeda. Saat pengguna beralih dari Android ke iOS untuk pertama kalinya, atau sebaliknya, biasanya mereka merasa agak tidak pada tempatnya saat menangani aplikasi ini. Dan perbedaannya sangat mencolok, menjadi salah satu aplikasi paling populer, karena itu tidak terjadi sama di aplikasi lain yang dikenal seperti Instagram atau Facebook, juga dimiliki Meta seperti WhatsApp.

Yang menarik adalah warna, dengan warna putih bersih (atau hitam jika Anda memiliki mode gelap) di iOS dan dengan versi android di mana warna hijau muncul untuk menyorot menu tab atau ikon untuk membuka obrolan baru. Kami bahkan bertemu berbagai cara untuk mengatur tabmemiliki dalam kedua kasus organisasi ini:

whatsapp di android

Android (dari kiri ke kanan):

whatsapp di ios

Di iOS (dari kiri ke kanan):

  • negara
  • panggilan
  • Kamera
  • mengobrol
  • Pengaturan

Meskipun WhatsApp di iOS memiliki menu pengaturan yang ternyata lebih lengkap daripada di Android, sebenarnya memiliki (hampir) fungsi yang sama.

Ada perbedaan halus lainnya seperti for buka obrolan baru di iOS Anda harus pergi ke opsi di kanan atas, sedangkan di Android ada di sisi yang sama, hanya di bawah. Dia juga pencari itu berubah, memiliki bilah penuh di bagian atas iPhone dan dengan kaca pembesar di Android yang, hanya ketika diperluas, membuka kotak pencarian. Juga patut dicatat bagaimana Android “menyembunyikan” tabnya pengaturan di tiga titik di kanan atas.

Cari Obrolan Whatsapp

Justru panel pengaturan menawarkan fungsi yang identik, tetapi dipesan secara berbeda. Ada perubahan halus seperti akses ke pesan unggulan atau lihat perangkat yang terhubung, yang di iOS datang langsung dari tab pengaturan, sedangkan di Android diakses dari menu tiga titik tanpa harus masuk ke pengaturan. Hanya ada satu pengaturan yang belum dimiliki aplikasi iOS, tetapi kita akan membicarakannya nanti.

Sedikit perubahan dalam obrolan, memiliki tombol untuk mengirim file di tempat yang berbeda.

Kirim File Whatsapp

Meskipun obrolan secara visual serupa, di luar warna seperti yang terjadi di panel utama, kami dapat menemukan perubahan kecil dalam hal kirim lampiran. Misalnya, jika Anda ingin mengirim foto, dokumen, lokasi, kontak, atau file lainnya, Anda harus mengklik klip kanan dalam kasus Android. Di iOS, di sisi lain, Anda harus mengklik ikon ‘+’ di sisi kiri bilah obrolan.

Ada juga berbagai cara untuk akses detail kontakcukup mengklik namanya di iOS dan harus pergi ke bilah tiga titik dan klik Lihat kontak di Android. Detail dan opsi untuk kontak itu sendiri tidak jauh berbeda di luar urutan kemunculannya.

Hubungi Whatsapp

WhatsApp, Telegram, Line, Signal, Facebook, dan iMessage: ini adalah batas ukuran Anda untuk mengirim file

Anda dapat mentransfer obrolan dari iOS ke Android, tetapi sebaliknya…

Obrolan Dari Ios Ke Android

Diantara perbaikan baru-baru ini yang telah diintegrasikan WhatsApp termasuk bahwa, akhirnya setelah bertahun-tahun, dimungkinkan untuk mentransfer obrolan dari ponsel Android ke iPhone. Namun, sebaliknya, itu tidak sesederhana membuka aplikasi dan melanjutkan untuk masuk ke fungsi yang sesuai.

Mulai hari ini, Anda hanya dapat meneruskan obrolan dari iOS ke Android selama pengaturan awal yang terakhir. Dan ini adalah batasan yang, setidaknya pada saat posting ini diterbitkan, tampaknya cukup penting. Dan ini adalah fungsi yang harus bekerja sama di kedua sistem operasi dan bahwa, untuk alasan yang belum diungkapkan secara resmi, hal ini tidak terjadi.

Pratinjau obrolan tanpa ketahuan, hanya di iOS

Jika di bagian sebelumnya orang yang beralih dari iPhone ke Android keluar sebagai pemenang, di bagian ini terjadi sebaliknya. Tentunya pada lebih dari satu kesempatan yang Anda inginkan membaca pesan tanpa meninggalkan jejak. Menghapus opsi agar centang ganda biru muncul adalah opsi, tetapi di iOS Anda bahkan tidak perlu mengaktifkan pengaturan ini.

Pratinjau Whatsapp Ios

Di ponsel Apple, dimulai dengan iPhone 6s, gerakan haptic yang dikenal sebagai 3D Touch dalam jargon apel. Fungsinya termasuk kemungkinan memasuki WhatsApp, tetap berada di tampilan utama obrolan dan menekan jari Anda selama beberapa detik pada salah satu dari mereka dan dapat melihat pratinjau tanpa orang lain (atau grup) melihat pesan sebagai Baca.

Dan meskipun di Android kami telah melihat menu konteks yang mirip dengan yang ada di iOS, bahkan memiliki pratinjau yang sama di aplikasi seperti Telegram, belum sampai seperti ini untuk WhatsApp. Faktanya, jika Anda melanjutkan untuk membuat gerakan ini di Android WhatsApp, Anda hanya akan dapat memilih obrolan tersebut untuk menyematkannya, membungkamnya, mengarsipkannya, atau menghapusnya.

Widget berbeda dan mengejutkan untuk Android

Meskipun telah ada di sistem Anda selama bertahun-tahun, widget iPhone mulai menjadi lebih populer dengan iOS 14 berkat dapat mengintegrasikannya di layar apa pun. Namun, WhatsApp integrasikan hanya widget lama di iOSditurunkan ke panel di sebelah kiri sistem di mana hanya kontak terbaru yang dapat dilihat dengan siapa Anda mengobrol.

Widget Whatsapp Ios Android

Di Android, di sisi lain, kita dapat menambahkan widget ke layar mana pun, meskipun yang paling menonjol adalah apa yang ditawarkannya secara visual: pratinjau pesan terbaru. Aplikasi ini tidak menawarkan pratinjau seperti yang kami sebutkan di poin sebelumnya, tetapi Anda bisa mendapatkannya di bagian ini, menjadi lebih baik karena Anda dapat melihat utas pesan yang jauh lebih lengkap. Selain itu, diperbolehkan mengubah ukuran widget sesuai keinginan kami, sesuatu yang tidak dimiliki iOS.

Detail kecil lainnya yang berubah di antara sistem operasi

Di luar apa yang disebutkan sebelumnya, ada perubahan WhatsApp kecil lainnya yang layak disebutkan, seperti kekuatan pilih beberapa obrolan di Android lalu hapus, nonaktifkan, atau arsipkan. Ini adalah tindakan yang dapat dilakukan di iOS, tentu saja, meskipun tidak diperbolehkan untuk memilih beberapa obrolan sekaligus dan Anda harus melakukannya satu per satu.

Pilih Obrolan Whatsapp Ios

Kami juga menemukan beberapa perubahan terkait dengan foto dan video yang dihapus, yang hilang dari galeri kami jika kami menggunakan Android, tetapi tetap jika kami menggunakan iOS. Juga sehubungan dengan jenis file ini, perlu dicatat bahwa ketika Anda mengirim video di iOS, Anda tidak hanya dapat mempersingkat durasinya seperti di Android, tetapi juga memungkinkan Anda untuk pangkas ukuran video dan berikan proporsi lain.

Pada akhirnya, meskipun secara estetika berbeda, kedua versi menawarkan alat yang sama di iOS dan Android.

Itu balon pemberitahuan Mereka adalah perbedaan lain yang sangat gamblang antara sistem jika Anda mengaktifkan jenis pemberitahuan ini di pengaturan. Di Android, Anda akan selalu diperlihatkan balon dengan jumlah total pesan yang belum dibaca, sesuatu yang juga terjadi di iOS pada awalnya, tetapi ketika Anda memasuki aplikasi, balon itu menghilang. Dan itu adalah, di iPhone, Anda dapat masuk dan keluar dari aplikasi tanpa benar-benar melihat obrolan dan sistem akan menandainya sebagai telah dibaca sejauh menyangkut balon notifikasi.

Notifikasi WhatsApp

Singkatnya, WhatsApp adalah aplikasi universal yang secara umum melakukan hal yang sama persis di ponsel Android dan iPhone. Namun, mereka memiliki visual kecil dan beberapa perbedaan fungsional lainnya yang membuatnya tidak ditangani dengan cara yang sama. Namun, bagian seperti dapat mentransfer obrolan dari iOS ke Android, kami berharap masalah tersebut akan diselesaikan di versi aplikasi yang akan datang.